Rabu, 15 Maret 2017

Memulai Bisnis part 1

Ingin berbisnis, punya niat berbisnis, mau menjadi seorang pengusaha, atau ingin mandiri finansial melalui jalur bisnis? segera take action. Keragu-raguan yang menghalangi harus segera disingkirkan. Berfikir dan membuat plan bisnis yang akan dijalankan memang perlu, Tapi kalau terlalu banyak mikir biasanya ujung-ujungnya takut melangkah. 
Lalu,,, harus take action yang seperti apa agar bisa segera memulai bisnis? 
Pertama, niatkan bisnis yang akan dijalani benar-benar karena mengharap ridha Allah. Niat seperti ini sangat penting bagi seorang muslim, Jangan sampai seorang muslim saat akan menjalankan bisnis justru lupa dengan Dzat yang maha Kaya dan mampu memberikan segala-galanya. Kalau sudah menancapkan niat yang benar dalam hati, maka langkah-langkah dan perjalanan ke depannya, akan dibimbing oleh Allah dan akan mendapatkan kemudahan atau solusi atas setiap permasalahan bisnis yang dihadapi. Jangan sampai salah niat ya...
  
Kedua, pilihlah jenis bisnis yang akan digeluti. paling enak, pilihlah bisnis yang sesuai hobi kita. Bisa dalam bidang kuliner, peternakan, olahraga, fashion, kesehatan, dan lain sebagainya. buuuanyaakk sekali pilihannya. Silahkan dipikirkan dan direnungkan dulu poin satu ini. Ambil kertas dan tulis yang besar di kertasmu. Pilihlah salah satu saja bidang bisnis yang akan diijalankan. Mengapa satu saja ? begini... untuk memulai sesuatu, kita butuh tenaga, pikiran, waktu, dan biaya yang cukup besar dibandingkan ketika bisnisnya sudah jalan. Pilih satu dulu biar fokus dan bisa terlaksana dengan baik bisnis yang akan kita jalankan.

Barangkali juga ada yang bertanya "mengapa perlu pilih bisnis sesuai hobi" ? menjalankan aktifitas bisnis itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi di awal-awal membangun bisnis. Saya sendiri merasakan hal ini dan beberapa teman-teman yang terjun di dunia bisnis seringkali bercerita tentang pahit getirnya ketika mengawali atau memulai bisnis. karena itu, dengan memilih bisnis yang sesuai hobi, maka akan meringankan energi yang kita keluarkan. selain itu, bisnis yang sesuai hobi akan lebih nikmat dijalani. Berbagai kesulitan bukan dianggap penghalang, tapi justru dianggap tantangan. selain itu, orang yang menjalankan bisnis sesuai dengan hobi, maka akan rela berlama-lama/berlarut-larut saat menggelutinya. waktu yang digunakan tidak terasa lama dan ia benar-benar menikmati.

Bersambung ...

sumber gambar : https://www.usahacerdas.com
      
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner